Eforia ESP8266, Selamat Tinggal Arduino......

[0898 2000 108]kita sadari bersama perkembengan tekologi merupakan hal yang tidak bisa dihindari. sesuatu yang tidak berubah, akan tertinggal semerti perkembangan yang ada saat ini. seperti generasi prosesor komputer yang terus berubah, generasi Memory yang semakin cepat, generasi hardisk yang semakin cepat pula. 



hal tersebut juga terjadi di bidang embeded system seperti ini. saat pertamakali penulis menggunakan mikrokontrole rssekitar tahun 2001, saat itu dikenal mikrokontroler jdengan keluarga atmel seri 89C51 dnegan ciri mikrokontroler ini di download programnya menggnakan perangkat downloader khusus dengan harga sekitar 300rb an. setelah itu muncullah generasi mikrokkontroler at89S51, keluarga almel "S" ini tidak membutuhkan downloader khusus dan penulis watu itu menggunakna downloader menggunakan kabel yang dihubungkan dengan port paralel komputer. namun sekarang ini, kta sudah begitu familier dengan mikrokontroler seri ATmega, dan veris yang dibuat developmen board dengan label arduino.  


jaman telah berkembang, perusahaan  Espressif System meproduksi ESP8266 dimana merupakan chip kecil mikrokontroler yang memiliki kelengkapan modul komunikasi berupa Wireless. mikrokontroler ini juga bisa berlaku sebagai pengatur layaknya arduino. dengan development board yang bermacam-macam seperti Wemos, NodeMCU dan development board jenis lain.  

namun, sepengalaman penulis ternyata arduino masih lebih unggul karena lebih stabil.






hubungi kami di :

Iyadh Electronics

email: scadaserverreport@gmail.com
wa: 0898-2000-108





Komentar

Postingan Populer