Raspberry pi, memang komputer mungil sesungguhnya ....


Kita tahu bersama ketika kita menyebutkan Apa arti komputer? Maka yang ada di benak kita semua adalah sebuah komputer dimana terdiri dari monitor, CPU (Central Processing Unit) , dan  keyboard serta Mouse.  Dari definisi tersebut tentunya kalau ada yang bertanya,kalau komputer mini bagaimana?  Apakah semua perlengkapan-perlengkapan yang ada di komputer yang sesungguhnya itu ada di komputer Mini tersebut?  Jawabannya adalah ada kalau penulis merasa sebuah komputer itu adalah sesuatu yang lebih lengkap dari pada sebuah Android baik berupa tablet maupun handphone. Kadang kita butuh kemampuan komputer itu melakukan tugas sesuatu yang lebih nyeleneh daripada tugas yang biasa dilakukan. 
Bagi penulis sering memprogram dan juga membuat perangkat IOT ataupun sebuah pemrograman yang berbasis interface dimana akan mengendalikan sebuah hardware. sebagai contoh ketika penulis akan bekerja dalam Project yang berhubungan dengan jaringan dan harus mengakses jaringan dimana salah satu tugasnya adalah mensetting mikrotik,scan IP mengetes jaringananne-marie penulis membutuhkan suatu aplikasi atau tool yang dapat digunakan untukmemfasilitasi semua tugas tersebut. Contoh yang lain yaitu ketika penulis akanmengakses sebuah perangkatdari Arduino yang berhubungan dengan relays, maka penulis bisa memprogram wilayah tersebut atau berhubungan secara serial dengan Arduino menggunakan perintah-perintah yang ada di aplikasi di komputer.Ketika penulis pun ketika ingin membuat aplikasi di komputer maka penulis tinggal membuka aplikasi di komputer kemudian membuka development software nyalalu melakukan perancangan beserta compile dan build serta dicoba di komputer tersebut. Kemudahan tersebut juga didukung dari penggunaan mouse dan keyboard yang secara natural telah kita gunakan semenjak dulu mengenal komputer. Ketika kita semua menggunakan perangkat Android tablet ataupun handphone, maka ketika kita mengerjakan Project jaringan, mengerjakan project aplikasi dan mengerjakan program interface/antarmuka kita akan putus dikit penyesuaian mengenai interface yang ada di tablet Android beserta pemrograman dan tool-tool serta aplikasi ada di Android tersebut. Bahkan ketika kita akan membuat program Android pun kita malah sering menggunakan komputer dan menggunakan emulator untuk menjalankan Android secara virtual. 
Lain halnya dengan raspberry Pi, daripada Android penulis lebih merasa nyaman menggunakan komputer Mini sesungguhnya Dimana kita bisa mengerjakan project project komputer dengan ukuran yang besar dan mengganti alternatif menggunakan raspberry Pi. Pemrograman dengan hasil aplikasi text, database, web, dan juga aplikasi GUI bisa kita buat di les privat ini dan untuk juga diaplikasikan di raspberry Pi. Di kita juga bisa mengerjakan resep interface lebih mudah karena dilengkapi dengan berbagai interfaceseperti PIN GPIO, bluetooth, ethernet, kamera, komunikasi i2c, serta fasilitas lainnya yang disediakan oleh teks berita baik secara software maupun hardware.Makanpenulis pun mengerjakan edit grafis sederhana menggunakan raspberry Pi.
Berikut ini adalah contoh aplikasi GUI yang ada di Facebook secara sederhana yang bisa kita kembangkan lebih banyak lagi. Aplikasi ini menggunakan receiver IP dan perangkat LCD touchscreen yang tersambung ke PIN GPIO






secara kesimpulan, raspberry pi ini merupakan komputer Mini sesungguhnya yang tidak bisa disandingkan kesamaannya dengan Android baik tablet maupun handphone karena tetap memiliki berbagai keunggulan komputer sungguh-sungguh nya




hubungi kami di :

Iyadh Electronics
email: scadaserverreport@gmail.com
wa: 0898-2000-108



Komentar

Postingan Populer